Kamis, 15 Maret 2012

Pondok Pesantren Miftahul Muta'allimin




Pondok Pesantren Miftahul Muta'allimin merupakan yayasan pendidikan Islam yang terletak di bagian selatan desa Babakan, Ciwaringin, Cirebon. Didirikan oleh Al-Magfurlah KH. Masduqi Ali. Pondok ini didirikan dalam rangka pengembangan pondok pesantren di bagian utara desa Babakan, Ciwaringin, Cirebon, yaitu Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin yang didirikan oleh KH. Muhammad Amin (biasa dipanggil masyarakat setempat dengan panggilan KH. Madamin).
Pada masa awal berdiri, pondok pesantren ini diasuh oleh Al-Magfurlah KH. Masduqi Ali (menantu KH. Madamin)yang menikah dengan NY. HJ. Munjiah Masduqi. KH. Masduqi Ali mendirikan madrasah untuk santri putra bernama Madrasah Al-Hikamus Salafiah (MHS), yang kemudian kepemilikan madrasah ini diberikan kepada kiayi lain.
Pada tahun 1992, KH. Masduqi Ali meninggal dunia. Pondok ini pun diasuh oleh putra beliau, KH. Yahya Masduqi. Pada masa kepengasuhan KH. Yahya Masduqi pondok ini berkembang pesat.
Pada tahun 2005, KH. Yahya Masduqi meninggal dunia. kepengasuhan pun diberikan kepada Habib Hud Bin Muhammad Bin Yahya dan KH. Abdul Muhaimin As'ad.Lc. sampai sekarang. Habib Hud Bin Muhammad Bin Yahya dan KH. Abdul Muhaimin As'ad.Lc. merupakan menantu KH. Masduqi Ali.
Pondok Pesantren Miftahul Muta'allimin mendirikan cabang berupa tiga pondok putri, yaitu Pondok Pesantren Putri Miftahul Muta'allimat, Pondok Pesantren Putri Raudlatul Banat, dan Pondok Pesantren Putri Al-Kautsar. Setiap pondok putri dipimpin oleh koordinator dari pondok putra sendiri, kecuali Raudlatul Banat yang dipimpin oleh Syarifah Fitriah Yahya, menantu Habib Hud Bin Muhammad Bin Yahya.
Pada bulan Februari 2011, Masjid Jami' Miftahul Muta'allimin direhabilitasi.


Bagi pembaca budiman di tunggu informasi terbaru dari Pondok Pesantren Miftahul Muta'allimin

Tidak ada komentar: